Sunday, October 1, 2017

Volume dan Kapasitas Paru-paru Pada Manusia

Volume dan Kapasitas Paru-paru Pada Manusia


Mengakupintar.blogspot.co.id - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai volume dan kapasitas paru-paru pada manusia. Paru-paru merupakan organ pernapasana yang saling berkaitan dengan sistem peredaran darah pada manusia. Darah yang di hasilkan berasal dari paru-paru. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahasnya secara ringan dan mudah dipahami.

Pengertian Kapasitas Paru-paru

Kapasitas Paru-paru adalah kemampuan paru-paru untuk menampung udara dari proses pernapasan
Setiap orang memiliki volume udara yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran paru-paru, cara bernapas, dan kekuatan orang dalam bernapas. Untuk orang dewasa, volume paru-paru rata-rata 5 - 6 liter. Volume paru-paru terdiri atas volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan ekspirasi, dan volume sisa. Untuk lebih mengetahui, mari cermati uraian berikut ini.

1. Volume tidal (VT) 

Volume tidal merupakan volume jumlah udara yang di inspirasi/dihirup pada istirahat biasanya sama dengan volume jumlah udara yang di keluarkan. Volume tidal merupakan volume udara yang dapat diinspirasikan maupun diekspirasikan. Setiap pernapasan normal volume tidal + 500 ml.

2. Volume cadangan inspirasi (VCI) 

Volume cadangan inspirasi merupakan volume tambahan udara yang dapat diekspirasikan setelah volume tidal normal. Jumlah volume cadangan inspirasi + 3000 ml. 

3. Volume cadangan ekspirasi (VCE) 

Volume cadangan ekspirasi merupakan volume udara yang dapat diekspirasikan setelah ekspirasi tidak normal. Jumlah voume cadangan ekspirasi + 1100 ml.

4. Volume sisa (Volume Residu) 

Volume sisa merupakan volume yang masih tersisa di dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi dengan kuat. Volume udara sisa + 1200 ml.

Pada peristiwa pernapasan diperlukan penyatuan dua volume paru-paru atau lebih. Hal ini disebut kapasitas paruparu. Kapasitas paru-paru meliputi:

1. Kapasitas inspirasi (KI) 

Kapasitas inspirasi merupakan jumlah volume udara yang dapat dihirup dari eksperimen normal sampai paru-paru dapat mengembang secara maksimum. Jumlah KI + 3500 ml. KI = VT + VCI

2. Kapasitas residu fungsional (KRF) 

Kapasitas residu fungsional merupakan jumlah volume udara yang tersisa di dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi normal. Jumlah KRF + 2300 ml.

3. Kapasitas vital (KV) 

Kapasitas vital merupakan jumlah volume udara maksimum yang dapat dikeluarkan dari paru-paru setelah inspirasi secara maksimum dan diekspirasikan secara maksimum. Jumlah KV + 4600 ml. KV = VCI + VCE + VT.

4. Kapasitas total paru-paru (KTP) 

Kapasitas total paru-paru merupakan volume udara maksimum pengembangan paru-paru dengan inspirasi sekuatkuatnya. Jumlah KTP + 5800 ml. KTP = KV + VR. Frekuensi paru-paru merupakan kecepatan bernapas.

Frekuensi pernapasan pada setiap orang berbeda-beda. Frekuensi pernapasan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

a) Jenis kelamin Secara umum, laki-laki lebih banyak membutuhkan oksigen dibandingkan perempuan, karena laki-laki memiliki aktivitas lebih tinggi dibandingkan perempuan sehingga energinya pun lebih banyak dibutuhkan.
b) Saat seseorang dalam masa pertumbuhan lebih banyak memerlukan energi dan oksigen dibandingkan pada usia lanjut.
c) Suhu tubuh Metabolise tubuh akan meningkat saat suhu tubuh menurun. Metabolisme tubuh ini berfungsi untuk menghasilkan panas sehingga membutuhkan oksigen lebih banyak.
d) Posisi tubuh Saat orang tidur dan sedang berdiri berbeda dalam kebutuhan oksigen. Orang yang berdiri lebih banyak membutuhkan oksigen dibandingkan dengan posisi tidur.
e) Aktivitas Orang yang memiliki aktivitas tinggi, frekuensi pernapasan lebih cepat dan oksigen dibutuhkan lebih banyak. Hal ini disebabkan, karena metabolisme meningkat untuk menghasilkan energi.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai volume dan mekanisme pernapasan pada manusia. Demikianlah Volume dan Kapasitas Paru-paru Pada Manusia. Sekian yang dapat kami sampaikan melalui artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya :-D

1 comment: