Tuesday, September 19, 2017

4 Contoh Paragraf Deskripsi Lengkap !!

4 Contoh Paragraf Deskripsi Lengkap !!


Mengakupintar.blogspot.co.id - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai paragraf deskripsi. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mempelajarinya ketika duduk di bangku sekolah. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini. 

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah karangan yang berisi tentang penggambaran suatu objek berdasarkan hasil pengamatan dan perasaan seorang penulisnya. Dengan kata lain paragraf deskripsi merupakan karangan yang berfungsi menggambarkan sesuatu dengan cara menguraikan secara ringkas dan jelas. Paragraf deskripsi dibuat bertujuan untuk memberikan kesan kepada penulis mengenai suatu objek yang digambarkan dalam paragraf deskripsi. 

Paragraf deskripsi yang baik harus mampu menyihir pembaca. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah paragraf deskripsi harus mampu menggiring pembaca supaya menghayati, melihat, bahkan merasakan apa yang dirasakan penulis ketika membuat karangan deskripsi tersebut.

Berikut ini adalah contoh paragraf deskripsi 

#Contoh 1 "Monas"

Monumen Nasional atau lebih akrab di sebut Monas adalah sebuah tugu atau monumen peringatan yang di bangun oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya. Monas di bangun setinggi 132 meter atau (433 kaki) dari permukaan tanah di pusat Ibu Kota Jakarta. Dengan gagahnya Monas berdiri di tengah-tengah megapolitan yang sangat padat penduduk dan gedung-gedung pencakar langit lainya. Monas sendiri menjadi salah satu ikon paling terkenal bagi warga Jakarta. Tugu ini memiliki mahkota berbentuk seperti lidah api yang dilapisi lembaran-lembaran emas raksasa. Hal ini untuk menandakan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monas terletak tepat ditengah-tengah lapangan Medan Merdeka yang merupakan alun-alun terbesar di Indonesia.

 #Contoh 2 "Gelora Bung Karno"

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah stadion serba guna yang terletak di jantung Ibu Kota Jakarta, Indonesia. Gelora Bung Karno terletak di kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion Gelora Bung Karno pada umumnya digunakan untuk arena pertandingan sepak bola tingkat internasional. Stadion ini dinamakan Gelora Bung Karno untuk menghormati Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Pada mulanya stadion ini memiliki kapasitas yang sangat besar, yakni 120.000 penonton. Namun seiring berkembangan zaman dan bertambahnya usia, stadion ini direnovasi hingga akhirnya pemerintah mengurangi kapasitas menjadi 88.000 penonton.

#Contoh 3 "Masjid Istiqlal" 

Masjid Istiqlal adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Bangunan yang sangat megah ini di bangun oleh presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Masjid Istiqlal terletak di timur laut lapangan Medan Merdeka yang di tengah-tengahnya terdapat Monumen Nasional. Masjid agung ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai yang berlapis marmer dihiasi ornamen geometrik dari baja yang anti karat sehingga memberikan kesan menawan pada masjid ini. Bangunan Masjid ini terdiri dari lima lantai dan terdiri dari satu lantai dasar. Masjid Istiqlal memiliki kubah yang sangat besar berdiameter 45 meter yang ditopang dengan 12 tiang besar. Selain itu masjid ini memiliki menara tunggal setinggi 96,66 meter yang menjulang tinggi disudut selatan selasar masjid. Masjid agung ini mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah. Selain digunakan sebagai tempat aktivitas ibadah umat islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi islam di Indonesia, aktifitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang wajib di kunjungi ketika berlibur di Ibu Kota Jakarta.

#Contoh 4 "Gereja Katedral"

Gereja Katedral adalah salah satu geraja agung yang terdapat di Ibu Kota Jakarta, Indonesia. Gedung gereja ini diresmikan pada tahun 1901 dengan gaya arsitektur eropa yang sangat cantik. Gereja ini terdiri dari beberapa ruangan utama yang meliputi serambi gereja yang terdapat batu pualam yang sangat indah, ruangan umat yang terdiri dari berbagai benda-benda sakral seperti lukisan jalan salib, mimbar pengetahuan, pipe orgel, lukisan foro uksup, dan lain-lain. Selain itu di dalam gereja ini juga terdapat museum Katedral yang di dalam ya terdapat benda-benda bersejarah seperti teks doa berbingkai, replika pastoran, mitra dan tongkat gembala Paus PaulusVI, Replika Pastor P. Bonnike, SJ. dan lain-lain.

Nah, dari beberapa contoh di atas kita dapat mengetahui mengenain contoh paragraf deskripsi. Demikianlah  4 Contoh Paragraf Deskripsi Lengkap !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang akurat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya :-D

0 comments:

Post a Comment